Posted in Tantangan

Hari 3: Orang Kece Masa Kini

aviator-sunglasses-1850648_640-1.jpg

Topik hari ini cukup bikin pusing. Masalahnya sederhana, kata ‘kece’ yang ada di topik.

Kata itu bikin bingung tujuh turunan. Mau tahu kenapa?

Di KBBI, ‘kece’ termasuk kata yang digunakan dalam percakapan dan berarti cantik. Tidak puas dengan definisi KBBI, saya menelusuri kata ini dan menemukan bahwa ‘kece’ berasal dari kata catchy yang dimaknai sebagai ungkapan keren dan ditujukan umumnya untuk penampilan. Ada juga yang bilang bahwa ‘kece’ merupakan singkatan dari ‘keren cekali’.

Penelusuran lebih jauh yang saya lakukan tidak membuahkan hasil yang cukup jelas soal kata ‘kece’ ini, jadi alangkah baiknya saya definisikan seperti yang saya pahami, yaitu keren. Mengapa? Saya rasa pengertian ‘kece’ yang tercantum dalam KBBI memang sudah tak lagi sesuai dengan konteks sehari-hari. Sebab, bukan hanya sesuatu yang ‘cantik’ yang bisa dinyatakan dengan ‘kece’. Meski demikian, saya masuh setuju bahwa kata ‘kece’ merujuk pada penampilan.

Baiklah, mari lanjut ke topik tulisan hari ini.

Orang kece masa kini?

Hm. Sebuah penilaian yang jelas bakal subjektif sih. :/

Namun, ada parameter kata ‘masa kini’ berarti kata ‘kece’ ini haruslah merujuk pada kondisi saat ini.

Kalau menurut saya, orang kece masa kini adalah mereka yang bisa membuat orang lain berkata, “Kece!” *dilempar ke Alaska*

Ahahaha. Susah sih. Habis, meski saya sepakat ‘kece’ berarti keren dan umumnya menyatakan penampilan, kata ini pun suka dipakai di mana saja. Mirip kata ‘lucu’ yang bisa menggambarkan sesuatu yang sebenarnya tidak membuat tertawa. Iya, kan?

Lagipula, kalau sudah bicara ‘keren’, bisa jadi bukan hanya tampilan luar yang dinilai. Ada aspek akidah, akhlak, prestasi, hingga kepekaan sosial. Susah kan?

Jadi, marilah kita tidur saja. *dipentung*

Advertisements

Author:

Seorang gadis pecinta Venezia dan es krim cokelat. Paling senang menambah tumpukan buku, menimbun benang rajutan, dan menatap langit-langit kamar. Sejak kecil bercita-cita menjadi penulis fantasi, yang sayangnya belum kesampaian.

2 thoughts on “Hari 3: Orang Kece Masa Kini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s